Sumenep

2024, RSUD dr Moh Anwar Sumenep Mulai Persiapkan KJSU-KIA

Sumenep, (Madura Today) – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Moh Anwar Sumenep, Madura, Jawa Timur terus berupaya meningkatkan pelayanan.

Teranyar, rumah sakit pelat merah ini akan menambah dokter spesialis, khususnya spesialis Kanker, Jantung, Stroke, dan Uro-Nefrologi serta Kesehatan Ibu dan Anak (KJSU-KIA).

Direktur RSUD dr Moh Anwar Sumenep dr Erliyati menjelaskan bahwa KJSU KIA merupakan program Kemenkes RI. Pelayanan tersebut harus dimiliki rumah sakit seluruh Indonesia pada 2027 mendatang.

Pelayanan KJSU-KIA tersebut termasuk pengobatan dan operasi kanker, jantung, syaraf, gagal ginjal, batu ginjal, serta kesehatan ibu dan anak.

Tahun ini, RSUDMA Sumenep tengah melakukan persiapan, mulai penyediaan sarana dan prasarana kesehatan, hingga tenaga kesehatan yang baik.

“Tahun ini (2024) kami mendapatkan tambahan anggaran dari DBHCHT Rp 1 Miliar. Ini akan kami pergunakan untuk penambahan dokter spesialis, utamanya KJSU-KIA,” ujar Direktur RSUDMA dr. Erliyati.

dr Erli mengatakan, sudah menjadi komitmen pihaknya untuk terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Sumenep, baik penambahan fasilitas maupun dokter spesialis.

“Untuk mempunyai dokter spesialis KJSU ini tidak mudah, salain memang mahal letak geografis juga berpengaruh. Sebab sulit cari dokter spesialis asal Madura apalagi Sumenep,” ungkapnya.

Menurutnya, bahwa untuk mengisi dokter spesialis bidang KJSU tidak mudah. Selain memang sulit mencarinya juga terkadang kendala anggaran yang tidak cukup.

Beda dengan dokter umum, kapanpun butuh gampang untuk mencarinya, tapi kalau dokter spesialis KJSU ini memang tidak mudah,” terangnya.

Kendati demikian, pihaknya akan terus berupa untuk melengkapi dokter spesialis KJSU tahun ini, minimal satu poli bidang KJSU ada satu dokter spesialisnya.

“Untuk tenaga kesehatan, kami sebelumnya memang memiliki program beasiswa, yakni menyekolahkan tenaga dokter, untuk nantinya kembali mengabdi di rumah sakit ini. Insyaallah optimis KJSU KIA bisa tercapai,” tandasnya.

Website | + posts

Administrator maduratoday.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button