Papers TodaySumenep

Cerita Grup Musik Asal Sumenep, Tembus 5 Besar Lomba Lagu Religi Nasional

Website | + posts

Administrator maduratoday.com

Sumenep, (Madura Today) – Grup musik lokal asal Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur sukses mengukir prestasi di pentas musik religi tingkat nasional.

Pada ajang lomba lagu religi tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Fast Travel di Sulawesi Selatan, grup dengan vokalis Halimi Al-Mahdi itu berhasil tembus 5 besar.

Untuk diketahui, Fast Travel atau PT. Fastabiqul Khaerat Travel) adalah perusahaan jasa perjalanan yang mempunyai media promosi dengan nama Fast Media.

“Alhamdulillah sekarang kita sedang berkompetisi di 5 besar untuk memperebutkan tiket ke babak final,” tutur Halimi Al-Mahdi pada Madura Today, Senin (7/6/2021).

Halimi menceritakan, dirinya masuk Top 5 Besar setelah melewati 3 tahap. Tahap pertama, dari sekitar 100 peserta dirinya lolos 20 besar, lalu lolos tahap kedua Top 10 Besar dan saat ini menduduki Top 5 Besar.

Menurut alumnus Ponpes Sumber Mas ini, kompetisi yang sedang dirinya dan teman-temannya ikuti bukan ajang yang mudah. Sebab, dirinya harus bersaing dengan peserta lain dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

“Pesertanya ada dari DKI Jakarta, Bekasi, Sukabumi, Sulawesi Selatan, Kediri, Banyumas, Surabaya,  Balikpapan, Bandung, Tuban,  Palembang, Sumatera Utara, Banda Aceh dan lainnya,” ungkapnya.

Dari beberapa tahap yang sudah dilewati, ada 4 lagu bernuansa Islami yang telah grupnya bawakan dengan inovasi aransemen sendiri.

“Di babak nominasi kami bawa lagu salawat Thola’al Badru ‘Alainaa. Di 20 besar Qullul Qulub , di 10 besar Yassirlana, dan yang sekarang di 5 besar kami cover lagu Antassalam,” katanya menguraikan.

Grup musik ini sendiri digawangi 6 orang, 4 personel sebagai musisi, ditambah 2 orang berperan sebagai komunikator dan videographer. Jadi ada 6 orang yang menjadi tim inti penggarapan.

Mereka adalah Halimi Al Mahdi sebagai vokalis, Moh. Ramzi Assahra sebagai gitaris/arranger, Makmun sebagai peniup suling, Hamdi AR sebagai keyboardis, Jund Ahmad sebagai Videographer dan A. Qusyri Hanif sebagai komunikator.

“Dalam hal teknis kami juga dibantu oleh teman-teman Drumband Al – Karomah Putra,” tutur Mahdi.

Lantas, bagaimana cerita grup musik ini bisa mengikuti ajang bertaraf nasional?.

Anggota tim lainnya, Jund Ahmad menceritakan, bahwa semua berawal dari perbincangan kecil beberapa orang yang memang sering ngumpul dan berkreatifitas di dunia seni khususnya musik, baik di media sosial atau di panggung live.

Salah satu dari mereka mendapat kabar bahwa ada lomba lagu religi yang diselenggarakan oleh Fast Travel. A. Qusyri Hanif dan Halimi Al Mahdi yang memang fokus di musik arabic dan bergelut di musik Al Banjari “Maulana Arrumi El-Zam” sangat antusias untuk ikut andil dalam pagelaran lomba tersebut.

“Akhirnya kami diskusi dan semua sepakat untuk ikut serta, dan RTT (Ruang Titik Temu) Management yang dari dulu fokus mengumpulkan kawan-kawan yang punya talenta di bidang musik menjadi rumah kami untuk proses penggarapan,” tutur Jund.

Dalam proses penggarapan aransemen musik, Hamdi diposisikan sebagai pengisi keyboardis, Ramsi sebagai arranger, Halimi yang mempunyai suara merdu khususnya di notasi dan irama arabic ditempatkan di vokal, dan Jund Ahmad bertindak sebagai manajer sekaligus videographer.

“Jadi kami berangkat satu komando di bawah naungan RTT. Dari perbedaan potensi yang disatukan itu, juga do’a dan dukungan dari seluruh masyarakat Madura, Sumenep khususnya. Alhamdulillah kami bisa berada di babak 5 besar saat ini,” ungkap Jund.

Jund mengaku sangat bersyukur atas pencapaiannya hari ini. “Alhamdulillah, terimakasih kepada guru-guru, orang tua, kerabat, teman-teman semuanya,” ucapnya.

“Terimakasih pula kepada Fendi Kachonk yg selama ini selalu memotivasi dan membimbing kami dalam setiap proses. Do’a dan dukungan dari semuanya selalu kami harapkan agar kami bisa melaju ke babak selanjutnya yaitu babak final,” harapnya.

Nah, bagi anda yang penasaran dengan karya musik mereka dan ingin mereka tetap eksis bahkan melaju hingga ke babak final, dukung mereka dengan cara menonton, menyukai, berkomentar positif dan membagikan video mereka. Klik : https://youtu.be/u_gzKoJL4dM

Penulis : Rossy | Editor : Dewi Kayisna

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button