Pamekasan

Datangi Rumah Warga, Kelurahan Barkot Pamekasan Layanani Administrasi Kependudukan

Website | + posts

Administrator maduratoday.com

Pamekasan, (Madura Today) – Pemerintah Kelurahan Barurambat Kota (Barkot) Kecamatan/Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur berinovasi menciptakan kecepatan dan kemudahan pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) bagi warganya.

Kelurahan Barkot berkolaborasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disduk Capil). Kerjasama itu dibuktikan dengan penandatangan kerjasama di Peringgitan Dalam Rumah Dinas Bupati Pamekasan, Senin (23/8/2021).

Inovasi yang dilatarbelakangi oleh minimnya kesadaran masyarakat untuk mengurus administrasi kependudukan ini berlangsung kondusif dengan dihadiri Bupati Pamekasan Baddrut Tamam, Sekretaris Daerah (Sekda), Totok Hartono, Camat Pamekasan, Rahmat Hidayat, sejumlah kepala desa, dan Kepala Disduk Capil, Achmad Faisol.

Pemerintah Kelurahan Barurambat Kota akan memberikan pelayanan Adminduk tanpa dipungut biaya apapun. Adapun warga Kelurahan Barurambat Kota yang yang sebelumnya harus menunggu antrian  di kantor Disduk Capil untuk mengurus kartu keluarga (KK), akta kelahiran, dan akta kematian, kini prosesnya warga hanya perlu memberikan sejumlah persyaratan kepada pihak kelurahan.

Lurah Barurambat Kota, Akh. Dhofir Rasidi menyatakan, pihaknya akan mendatangi rumah warga yang sedang berduka karena keluarganya meninggal ataupun warga yang sedang dalam kondisi melahirkan untuk memberikan kecepatan dan kemudahan pelayanan Adminduk dalam pembuatan  akta kelahiran dan akta kematian.

“Setiap ada warga yang meninggal, kami datangi rumah duka untuk ta’ziyah dan kami terbitkan surat kematian seraya mengurus persyaratannya. Demikian juga akta kelahiran, kami akan datangi rumahnya sambil menjenguk  anak yang baru lahir tersebut, kemudian kami juga akan minta persyaratannya, setelah itu kami antarkan ke pihak kelurahan” katanya.

Akh. Dhofir Rasidi menambahkan, setelah KK, akta kelahiran, dan akta kematian selesai diproses Disduk Capil, maka pihaknya akan mengambil dan diantarkan ke rumah warga yang berkepentingan tersebut, dengan demikian Dhofir percaya layanan seperti ini akan memberi kesadaran kepada warganya bahwa pentingnya untuk mengurus Adminduk.

“Layanan ini kami ingin membantu dan memudahkan masyarakat,” tukasnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam merespon positif inovasi untuk menciptakan kecepatan dan kemudahan pelayanan Adminduk bagi warga setempat.

Menurutnya, program itu sudah melalui proses dan pemikiran yang matang oleh Pemerintah Kelurahan Barurambat Kota, sehingga patut untuk dijadikan contoh bagi lainnnya.

“Semoga program ini bisa menginspirasi kepada yang lain, tentu program ini sudah melalui diskusi panjang terhadap beberapa kemungkinan. Saya sampaikan terimakasih kepada pak Lurah dan seluruh jajarannya,” kata mas Tamam sapaan akrabnya.

Mas Tamam berharap dengan adanya program itu masyarakat bisa menikmati kemudahan dalam pelayanan Adminduk, serta Aparatur Sipil Negara (ASN) selalu diberikan kesabaran dan ketabahan oleh Allah SWT  dalam melayani masyarakat.

“Sejatinya pemerintah harus hadir dalam setiap kebutuhan warganya dan program seperti ini sangat baik dan bermanfaat bagi masyarakat yang bersyukur,” pungkasnya.

Penulis : Nuri/ Ibnu Bakir | Editor : Dewi Kayisna

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button