Madura Today

Bupati Pamekasan Pompa Spirit Kades Kelola Desa Menjadi Mandiri dan Maju

Website | + posts

Administrator maduratoday.com

Pamekasan, (Madura Today) – Bupati Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Baddrut Tamam mendorong pemerintah desa (Pemdes) untuk mengelola daerahnya menjadi desa yang maju dan mandiri guna menumbuhkan ekonomi masyarakat.

Menurutnya, pemdes saat ini harus mampu merubah pola pikir lama yang bergantung terhadap bantuan pemerintah. Tidak lagi tentang bantuan, melainkan berpikir dalam memajukan desa, sebab jika desa mandiri dan maju, otomatis ekonomi rakyatnya meningkat.

Pihaknya telah memberikan reward kepada desa yang mampu mengelola desanya menjadi desa mandiri dan maju mencapai Rp 500 juta dengan semangat berlomba-lomba dalam kebaikan atau fastabiqul khairot. Sehingga, semua desa juga menginginkan bonus besar tersebut.

“Pak camat ajak kepala desa itu untuk bincang-bincang santai, kira-kira apa yang akan dilakukan di desa itu. Nanti kalau sudah ketemu rumusannya diajak ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa,” katanya, Jum’at (24/6/2022).

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menambahkan, semangat Pamekasan Hebat harus dilakukan dari desa dengan menggali potensi setiap desanya menjadi nilai ekonomi. Makanya, program wirausaha baru (WUB) dengan strategi desa tematik tersebut merupakan rumusan penting membangun ekonomi masyarakat dari bawah berkeadilan.

Beberapa desa yang telah memiliki tema merupakan langkah nyata atas kinerjanya memberikan yang terbaik untuk masyarakat. Misalnya, ada desa wisata, desa UMKM, desa batik, dan lain-lain yang muaranya untuk kesejahteraan masyarakat.

“Semangat kebersatuan di antara kita yang penting biar kemudian, ataretan, aladine masyarakat, dan jika seluruh desa di Kabupaten Pamekasan ini sudah makmur, Pamekasan pasti hebat. Maka bergandengan tangan diantara kita ini penting,” tambahnya.

Dia berharap, pemdes yang belum memiliki tema merumuskan tentang langkah yang harus dikerjakan, rumusan itu dimusyawarahkan bersama dan diajukan kepada pemerintah kabupaten. Sehingga pada tahun 2023 masuk dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) kabupaten untuk merealisasikan rencana tersebut.

“Desa mandiri di Kabupaten Pamekasan hanya lima, desa maju 40, dan desa yang berkembang 133. Tugas kita sekarang, kembangkan desanya. Karena kalau desa sudah sejahtera Pamekasan ini akan hebat,” pungkasnya.

Penulis: Marzukiy | Editor: Dewi Kayisna

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button