Event TodaySumenep

PWI Sumenep ‘Start’ Safari Jurnalistik dari SMAN 1 Batuan

Website | + posts

Administrator maduratoday.com

Sumenep, (Madura Today) – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar Safari Jurnalistik ke sejumlah sekolah tingkat SMA di Sumenep.
Kegiatan safari jurnalistik yang rutin digelar setiap tahun itu diawali dari SMA Negeri 1 Batuan, Kamis, (118/2022).
Ketua PWI Sumenep, Syamsul Arifin mengatakan, Safari Jurnalistik ini merupakan program tahunan PWI yang difokuskan pada pengenalan mengenai dunia jurnalistik kepada para pelajar.
“Kita sengaja menggandeng siswa SMA guna mengenalkan dasar-dasar jurnalistik yang di dalamnya mengenai kode etik dan UU nomor 40 tahun 1999 tentang Pers,” ujarnya saat sambutan pembukaan.
Sesi foto bersama Pengurus PWI Sumenep dan peserta usai acara
Ia menuturkan, selama Safari Jurnalistik ini juga di edukasi mengenai produk – produk jurnalistik yang bisa dipertanggung jawabkan di era digital seperti saat ini.
“Di era digitalisasi sekarang ini banyak bertebaran informasi – informasi di media sosial. Dengan kegiatan tersebut nantinya para siswa diharapkan dapat membedakan antara produk jurnalistik dengan produk tulisan di medsos, sehingga lebih bijak ketika menggunakan media sosial,” tuturnya.
Menanggapi kegiatan Safari Jurnalistik ini, Kepala SMA Negeri Batuan, Moh. Sadik, melalui Bagian Kehumasan, Hermin, mengapresiasi PWI Sumenep dan berharap materi yang diberikan bisa menambah wawasan serta pengetahuan para siswa.
“Besar harapan kami para siswa bisa memahami dasar ilmu membuat berita dan membedakan antara berita fakta dan hoaks. Karena materi yang diberikan di Safari Jurnalistik ini tidak ada di kurikulum sekolah,” tukasnya.
Terdapat dua pemateri dalam Safari Jurnalistik di SMAN 1 Batuan ini, yakni wartawan senior sekaligus Pemred Nada FM Ibnu Hajar dan Plt Pemred Madura Today, Badrur Rosi.
Penulis: Rifki | Editor: Dewi Kayisna 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button