Event TodaySumenep

Kuda Joget di Festival Jaran Serek Sumenep Pukau Ribuan Penonton

Website | + posts

Administrator maduratoday.com

Sumenep, (Madura Today) – Festival Jaran Serek 2023 di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur sukses menghipnotis ribuan penonton, Sabtu (27/5/2023) pagi.

Masyarakat dari berbagai penjuru Kabupaten berjuluk Kota Keris itu tumpah ruah memadati jalanan digelarnya show kuda berjoget tersebut.

Festival Jaran Serek merupakan upaya pemerintah daerah setempat untuk melestarikan budaya warisan leluhur, sehingga tidak punah digusur  zaman.

Pemkab Sumenep dalam hal ini bekerja sama dengan salah satu kelompok budaya (paguyuban) guna menghadirkan ratusan kuda Serek.

Tampak ratusan kuda dihias dengan aneka kostum cantik, sambil berjalan berlenggak lenggok mengikuti irama musik tradisional saronen.

Kuda Joget di Festival Jaran Serek Sumenep Pukau Ribuan Penonton
FOTO: Bupati Sumenep Achmad Fauzi menyempatkan diri menunggangi kuda joget saat Festival Jaran Serek 2023

Berparade anggun sepanjang jalan dari Lapangan Giling ke Keraton Sumenep. Yang lebih menarik lagi, terdapat kuda yang bisa berdiri mengikuti arahan sang pelatih.

Sontak atraksi kuda-kuda cantik tersebut membuat penonton histeris karena terhibur dengan aksi hewan unik ini.

Bupati Sumenep, Achmad Fauzi mengatakan, Festival Jaran Serek sebagai bagian dari Calender Even Sumenep 2023.

Pada gelaran kali ini juga terdapat berbagai pertunjukan seni tradisional sebelum acara utama. Diantaranya Tari Gambu, Tari Topeng, dan atraksi kuda lincah.

“Insya Allah Festival Jaran Serek akan terus masuk dalam Calendar of Event Sumenep di tahun-tahun mendatang,” ucap pejabat tertinggi Kabupaten Sumenep ini.

Bupati Fauzi mengimbau masyarakat untuk terus melestarikan setiap kesenian tradisional yang ada di Sumenep, termasuk Jaran Serek, agar tetap bisa diwariskan kepada generasi mendatang.

Penulis: ON/ Rossy | Editor: Dewi Kayisna

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button