Event TodaySumenep

Gema Takbir Idul Adha, Cara Pemkab Sumenep Merajut Kebersamaan

Website | + posts

Administrator maduratoday.com

Sumenep, (Madura Today) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep menggelar Gema Takbir Idul Adha 1444 Hijiriah di Pendopo Keraton Sumenep, Rabu (28/6/2023) malam.

Kegiatan ini dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Dewi Khalifah, Sekretaris Daerah (Sekda) Edy Rasyadi, Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesmas) Sekretariat Daerah Sumenep Kamiluddin, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Sumenep dan masyarakat.

Hari Raya Idul Adha jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023. Pemkab Sumenep melangsungkan Gema Takbir yang dipandu oleh sejumlah personel musik Al-Banjari.

Wakil Bupati (Wabup) Sumenep Dewi Khalifah turut memberikan santunan kepada sejumlah anak yatim dan piatu, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Khotmil Quran.

Kabag Kesmas Setda Sumenep, Kamiluddin mengatakan, pelaksanaan Gema Takbir Idul Adha 1444 Hijriyah/2023 Masehi ini juga dihadiri Ormas kemasyarakatan dan ASN di lingkungan Pemkab Sumenep.

“Kegiatan ini juga didukung oleh siswa-siswi atau para santri dari lembaga pendidikan di Kecamatan Kota,” ujarnya.

Siswa tersebut menampilkan dan mengumandangkan gema takbir, tahlil dan tahmid dengan iringan musik dari sekolah masing-masing.

Wakil Bupati Sumenep, Dewi Khalifah mengatakan, Hari Raya Idul Adha tahun ini harus dimaknai dengan pentingnya kebersamaan.

Hal itu dilakukan untuk membangun Kabupaten Sumenep dengan menghilangkan segala perbedaan.

“Semoga masih diberikan tambahan umur yang barokah. Semoga kita dapat kembali pada Hari Raya Idul Adha tahun berikutnya, amin,” katanya.

Di hadapan ratusan jemaah takbir, ia mengatakan, bahwa Hari Raya Idul Adha ini lebih menekankan sifat manusia agar mempunyai jiwa sosial yang tinggi untuk saling berbagi.

“Menjadi penting, bahwa kita harus sadar bahwa apa yang kita miliki tidak ada artinya apa-apa di hadapan Allah SWT. Maka ketika kita harus ber-qurban, mengorbankan harta kita untuk sesama, inilah bagian dari mengikhlaskan,” ujarnya.

Kegiatan Gema Takbir Idul Adha memang menjadi agenda setiap tahun Pemkab Sumenep, termasuk Idul Fitri. Di mana, tahun ini nuansanya lebih terbuka untuk masyarakat umum.

Penulis: Fajrul | Editor: Dewi Kayisna

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button