Sumenep

Sidak Galian C, Anggota Dewan Sumenep Saksikan Hal Mengejutkan!

Website | + posts

Administrator maduratoday.com

Sumenep, (Madura Today) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur sidak ke daerah tambang galian C di Desa Kasengan, Kecamatan Manding, Senin (17/7/2023).

Tujuan inspeksi mendadak wakil rakyat bertujuan untuk memastikan dampak galian C ilegal yang diduga berdampak pada kerusakan rumah warga.

Berdasarkan pantauan di lapangan sidak yang dilakukan Ketua DPRD Sumenep, Abdul Hamid Ali Munir, Wakil DPRD Sumenep, Faisal Muhlis dan M Syukri, serta anggota Komisi III, M Muhri.

Mereka juga mengajak sejumlah mahasiswa yang mengatasnamakan Front Mahasiswa Peduli Lingkungan.

Anggota Komisi III DPRD Sumenep, M. Muhri mengatakan pihaknya datang ke lokasi galian C setelah mahasiswa yang melakukan aksi menyampaikan, bahwa galian C menyebabkan banyak rumah warga di sekitar lokasi tambang yang retak.

“Para mahasiswa meminta kepada kami agar turun langsung ke lokasi, dan kami langsung sidak bersama peserta aksi,” lanjutnya.

Setelah di lokasi, para wakil rakyat dikejutkan dengan rumah warga tidak hanya retak, namun ada salah satu rumah warga yang sudah roboh, tidak jauh dari bekas lokasi galian C.

“Setelah kami datang ke lokasi, ternyata benar. Sebagian rumah warga mengalami retak, bahkan ada satu rumah yang roboh,” ungkapnya.

Politisi PKB itu menjelaskan, rumah warga yang roboh itu berada sekitar 10 meter dari bekas lokasi galian C, disebelah selatan. Sedangkan sebagian rumah warga yang temboknya mengalami retak, posisinya di utara jalan Desa Kasengan.

“Lokasi galian C itu memang sudah tidak beroperasi lagi. Penambangan dilakukan dulu, tapi dampaknya sekarang,” ujarnya.

Adanya galian C Ilegal perlu disikapi dengan sangat serius. pihaknya mengaku akan memanggil dinas terkait dalam waktu dekat.

“Kami akan panggil dinas teknis untuk membicarakan dan mencari solusi atas masalah galian C ini,” janjinya.

Penulis: A. Rofik | Editor: Dewi Kayisna

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button