Sumenep

Hujan Deras Disertai Angin Kencang Sebabkan Pohon Tumbang Hingga Longsor di Sumenep

Website | + posts

Administrator maduratoday.com

Sumenep, (Madura Today) – Hujan deras disertai angin kencang melanda sebagian wilayah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Jumat (1/12/2023) petang.

Bahkan hujan deras dan angin kencang tersebut menyebabkan terjadinya bencana alam di beberapa titik di Kecamatan Bluto, mulai dari pohon tumbang hingga longsor.

Kasi Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti S menerangkan, dari laporan yang pihaknya terima, sedikitnya peristiwa bencana alam tersebut terjadi di lima TKP.

Pertama, pohon tumbang peneduh dengan ukuran tinggi ± 8 meter. Lokasinya di tepi jalan sebelah utara Dusun Sabedung Desa Pakandangan Sangra.

“Pohon tersebut roboh ke arah selatan jalan tepat pada badan jalan raya dan menyebabkan kemacetan arus lalu lintas dari dua arah,” terangnya, Sabtu (2/12/2023).

Lokasi kedua, longsor batu krikil/ sertu di jalan tanjakan Desa Bluto, diduga disebabkan oleh arus air dari arah utara pada posisi jalan menurun.

“Akibat longsor batu tersebut berserakan di badan jalan sehingga menghambat kelancaran arus lalu lintas dari dua arah,” tuturnya.

Berikutnya, longsor di Dusun Cangkarman Desa Aengbaja Kenek berupa bangunan Tembok Penahan Tanah (TPT).

Longsor juga terjadi di Dusun Lobuk Desa Lobuk, yaitu bagian tebing/ tangkis laut di wisata pantai Matahari yang disebabkan adanya aliran air dari arah utara menuju ke laut.

“Terakhir, tembok ambruk di Dusun Lobuk Desa Lobuk, adapun tembok yang ambruk tersebut merupakan pagar bangunan PT. Coco Pandan Coral,” tandasnya.

Dari kejadian tersebut secara umum tidak terdapat korban jiwa, namun mengalami kerugian material, seperti TPT, tangkis laut dan pagar tembok.

Penulis : A. Rofik | Editor: Dewi Kayisna

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button