Sumenep

Calon Jemaah Haji Sumenep 2024 Sebanyak 830 Orang

Sumenep, (Madura Today) – Kuota calon jemaah haji (CJH) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur pada tahun 2024 ini sebanyak 830 orang.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kementrian Agama (Kemenag) Sumenep, Mohammad Qois, menerangkan, bahwa ratusan calon jemaah haji adalah pengisi daftar tunggu sejak tahun 2011 akhir.

“Mereka yang masuk kuota sudah berhak melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) sesuai dengan ketetapan pemerintah,” ungkap Qois.

Untuk jumlah total keseluruhan pelunasan BIPIH, kata Qois, sebesar Rp 60.526.334. Namun untuk Biaya pelunasan hanya Rp 35 juta per calon jemaah haji.

Jadwal pelunasan BPIH tersebut dibuka dua tahap. Tahap pertama, dari tanggal 10 Januari sampai 12 Februari 2024 atau sekitar satu bulan lebih dua hari.

Sedangkan tahap dua tidak sama dengan tahap pertama. Jika tahap pertama satu bulan lebih, tahap dua mulai tanggal 5 – 26 Maret 2024 atau sekitar 21 hari.

“Ketentuan pelunasan harus menunjukkan surat keterangan sehat dari Puskesmas. Jika tidak memiliki, belum diperkenankan melunasi biaya haji walaupun sudah mendapat porsi di tahun ini,” katanya.

Menurutnya, suket sehat menjadi salah satu persyaratan pelunasan karena mengantisipasi sesuatu hal yang tidak diinginkan. Misalnya, memiliki riwayat sakit sebelumnya yang dapat menghambat keberlangsungan haji nantinya.

“Bukan lantas mempersulit, ini demi kebaikan bersama khususnya embarkasi Jawa Timur,” jelasnya.

Selain ada 830 CJH yang memang sudah dipastikan berangkat tahun ini, ada juga CJH cadangan sebanyak 302 orang. Jemaah cadangan tersebut bisa saja berangkat bahkan sebaliknya tergantung kursi.

“Tetap kita panggil CJH cadangan itu, akan disampaikan bahwa mereka masuk daftar haji tahun ini tapi cadangan. Ketika ada kursi kosong, kemungkinan besar diberangkatkan walaupun tidak masuk kloter Sumenep,” tukasnya.

Website | + posts

Administrator maduratoday.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button